18 Tantangan Menghemat Uang Untuk Menghemat Lebih Banyak Uang!

Apakah kamu merasakan menghabiskan uang lebih cepat dari yang kamu bisa dapatkan? Jika kamu merasa seperti ini, kamu tidak sendirian. Hampir 50% orang indonesia percaya bahwa kenaikan biaya hidup yang konstan adalah ancaman terbesar bagi keamanan finansial. Tantangan menghemat uang bisa menjadi apa yang kamu butuhkan untuk mengatur masalah keuangan kamu.

Menurut Kementerian Perdagangan (Kemendag) , harga bahan makanan meningkat baru-baru ini. Jadi, ketika kamu membandingkan kenaikan biaya hidup dengan upah minimun regional , kamu dapat melihat mengapa orang mungkin tertarik untuk menabung.

Kita semua bisa menggunakan uang secara ekstra, terutama di masa-masa sulit ini. Dengan menetapkan tujuan keuangan dan mengambil bagian dalam tantangan menghemat uang, kamu dapat mengatur diri kamu untuk kesuksesan finansial.

Misalnya, tantangan tabungan dapat membantu kamu membangun dana darurat, menabung untuk liburan, atau menghemat uang muka untuk rumah baru. Yang diperlukan hanyalah sedikit motivasi finansial dan tantangan saving challenge yang besar untuk memulainya.

Apa Itu Tantangan Menghemat Uang?

Sesuai dengan namanya, tantangan penghematan uang dapat mengingatkan kamu dan membuat kamu tetap fokus melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan kamu . Selain itu, mereka sangat mudah dilakukan. kamu cukup menghemat sejumlah uang, tergantung pada aturan pada tantangan tertentu.

Misalnya, dalam saving challenge dengan uang Rp.100.000, kamu menghemat setiap tagihan Rp.100.000 yang kamu dapatkan. Ada banyak tantangan uang yang menyenangkan untuk dipilih untuk membantu kamu mencapai tujuan tabungan kamu dan menjadi lebih baik dengan menggunakan uang. Segeralah, memulai menabung sebagian dari gaji mu dan akan menjadi kebiasaan.

Mengapa Tantangan Menghemat Uang Adalah Ide Yang Bagus?

Tantangan menghemat uang adalah cara yang efektif untuk memotivasi kamu menabung. Yang terpenting, itu membuat menabung menjadi menyenangkan dan membuat tujuan kamu lebih mudah dicapai. Selain itu, tantangan menghemat uang adalah cara terbaik untuk membangun dana darurat saat kamu tidak memiliki tabungan .

Kamu dapat menggunakan tantangan tabungan bulanan untuk menabung untuk liburan impian kamu, membayar uang muka untuk rumah baru , atau untuk membeli barang bagus yang kamu inginkan.

18 Tantangan Menghemat Uang Untuk Dicoba Hari Ini

Memiliki uang tambahan dapat menghilangkan stres dan membantu kamu mencapai tujuan keuangan kamu. Dengan berpartisipasi dalam saving challenge segera, kamu dapat mulai membangun kebiasaan baru yang sukses dan membuat rekening tabungan itu bertambah dengan cepat. Selanjutnya, kamu bahkan dapat membuka rekening klub tabungan khusus hanya untuk tantangan kamu.

Saat memilih tantangan tabungan, pastikan untuk memilih tantangan yang sesuai dengan tujuan kamu dan yang dapat kamu ikuti. Ini perlu menjadi tujuan yang realistis untuk membuat kamu siap untuk sukses dan mencegah kamu berkecil hati dan berhenti.

Ada tantangan untuk makan di luar, menghemat uang Rp.100.000, dan masih banyak lagi. Jadi, apa pun tujuan keuangan kamu, 18 tantangan penghematan uang ini pasti akan memberi kamu hasil yang kamu inginkan.

1. Tantangan Tabungan 6 Bulan

Tantangan tabungan 6 bulan mudah diikuti karena jumlah yang kamu simpan sudah direncanakan untuk kamu. Setiap minggu kamu menyimpan jumlah alokasi yang dijadwalkan.
Minggu pertama hanya Rp.50.000, minggu 2 adalah Rp.100.000, dan secara bertahap naik secara bertahap setiap minggu. Pada akhir tantangan tabungan 6 bulan, atau tantangan tabungan 26 minggu, kamu akan menghemat Rp 17.550.000 !

2. 30 Hari Untuk Menguasai Tantangan Pengeluaran Kamu

Tantangan tanpa-pembelanjaan dapat menghemat banyak uang dan membantu kamu menghentikan pengeluaran berlebihan . Jadi dengan tantangan penghematan uang ini, kamu berkomitmen pada kerangka waktu tertentu seperti seminggu atau sebulan, dan hanya membelanjakan uang untuk keperluan. Aturannya sederhana:

Beli Yang Penting Saja

Kamu hanya dapat menghabiskan uang untuk hal-hal penting seperti sewa, gas, dan bahan makanan. Penting untuk tetap membeli barang-barang yang kamu butuhkan untuk menjalani hidup sehat selama tantangan penghematan uang ini.

Jangan Membeli Yang Tidak Penting

Kamu tidak dapat menghabiskan uang untuk makan di luar, berbelanja , minum kopi, atau apa pun yang dianggap tidak penting. Apa pun yang bukan tagihan atau pengeluaran pokok harus menunggu nanti.

Setelah kamu memulai, kamu akan terkejut melihat betapa banyak barang yang tidak penting dapat menyelinap ke dalam kebiasaan belanja harian kamu. Terakhir, lacak tantangan uang bulanan ini dengan jurnal pengeluaran untuk hasil yang maksimal.

3. Tantangan Perencanaan Makan 30 Hari

Makan di luar itu mahal. Jumlah rata-rata yang dihabiskan untuk makan di luar setiap hari adalah Rp.20.000 untuk 3 kali makan Itu Rp 7.300.000 per tahun jika kamu menghitungnya!

Dengan tantangan penghematan ini, kamu mengemas makan siang kamu 5x seminggu selama 30 hari dengan memanfaatkan perencanaan makan . Selain itu, ini juga membantu mencegah bahan makanan terbuang dan menambah jumlah tabungan kamu secara signifikan. Plus kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang kamu suka dan menghindari makanan yang tidak sehat jika kamu mau.

4. Tantangan Penghematan Rp.100.000

Tantangan Rp.100.000 adalah tantangan uang menyenangkan yang mengumpulkan uang dengan cepat. Lebih dari 90 hari setiap kali kamu mendapatkan tagihan Rp.100.000, kamu menyimpannya. Jadi jika kamu tidak menggunakan uang tunai, untuk setiap tambahan Rp.100.000 yang kamu miliki di rekening giro kamu , transfer ke tabungan kamu.

Untuk mencegah kamu membelanjakan uang ekstra itu, dapatkan celengan, wadah, atau amplop uang lucu yang memudahkan kamu memasukkan uang tetapi mengeluarkannya dengan susah payah. Ini agak acak, tapi itulah yang membuat tantangan menghemat uang ini menyenangkan!

5. Buat Tantangan Dana Gadis Pintar

Dana gadis yang cerdas adalah tantangan tabungan yang penting. Dana tersebut dapat digunakan untuk keadaan darurat yang tidak direncanakan seperti kehilangan pekerjaan, mobil mogok, atau perbaikan rumah yang mendesak. Ini juga dapat digunakan untuk membentuk dana cadangan untuk pengeluaran yang akan datang.

Tantangan ini akan membantu kamu menentukan berapa banyak yang perlu kamu simpan, membantu kamu menyiapkan rekening tabungan yang tepat , dan membuat kamu tetap di atas membuat setoran yang konsisten.
Untuk melakukan tantangan ini, tentukan akun untuk ditabung, lalu coba hemat Rp.1.000.000 untuk memulai. kamu dapat menghemat Rp.500.000 per bulan dan menghemat uang kamu dengan cepat, atau mengambil lebih banyak atau lebih sedikit waktu jika kamu mau.

Luangkan waktu selama kamu perlu untuk membangun Dana Gadis Pintar kamu, pastikan kamu memiliki rencana. Dan setelah kamu mencapai Rp.1.000.000, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak untuk keamanan ekstra.

6. Temukan Tantangan Uang Ekstra

Kamu mungkin tidak berpikir kamu memiliki uang ekstra, tetapi kamu dapat menemukan uang ekstra yang tidak kamu ketahui dengan beberapa tip dan trik.

Selain itu, tantangan uang ini akan menginspirasi kamu untuk berkreasi. Misalnya, menguangkan semua koin cadangan di dompet, mobil, dompet, atau tergeletak di sekitar rumah.

Atau membelanjakan lebih sedikit dari anggaran belanja kamu dan memasukkan uang ekstra ke dalam rekening tabungan kamu. kamu juga dapat mendeklarasikan rumah kamu dan menjual barang-barang yang tidak kamu gunakan lagi untuk mendapatkan uang tambahan.

Seluruh idenya adalah untuk menantang diri kamu sendiri dengan cara-cara untuk menyelamatkan yang biasanya tidak akan kamu lakukan.

7. Tantangan Penghematan Ribuan

Jika kamu tidak berpikir bahwa menabung akan membantu membangun tabungan kamu, kamu salah! Tantangan Menabung Ribuan seperti Tantangan 26-Minggu dan sangat mudah diikuti.

Pertama, kamu mulai dengan seribu, dan setiap hari jumlah kamu meningkat selama 365 hari. Jadi, kamu menghemat total Rp. 66.795.000 dalam satu tahun ! Ingat, setiap seribu menghasilkan satu Juta!

8. Tantangan Event Natal

Rekening tabungan klasik ini muncul kembali, dan ini adalah cara sempurna untuk menghemat uang untuk mempersiapkan Natal!

Rekening Tabungan event Natal ditawarkan oleh bank tertentu untuk membantu kamu menghemat uang untuk Natal. Namun, kamu juga dapat mengaturnya sendiri dengan rekening tabungan khusus.
Yang terpenting, kamu dapat menggunakan akun ini untuk membantu kamu menabung untuk apa pun yang ingin kamu beli.

Biasanya akun ini tersedia melalui serikat kredit. Jadi ketika kamu membuka jenis akun ini, kamu akan mendapatkan buku kupon pembayaran untuk melakukan setoran.

Pada tanggal 1 November, dana kamu ditransfer ke akun khusus kamu. kamu tidak dapat menarik dana kamu dari akun ini tanpa penalti, sehingga mencegah kamu tergoda untuk membelanjakannya selama saving challenge berlangsung.

9. Tantangan Tidak Minum Kopi

Sebuah latte sehari membuat uang tunai pergi! Jadi ucapkan selamat tinggal pada Starbucks untuk tantangan ini.
Kopi spesial rata-rata berharga Rp.50.000. Yang menambahkan hingga Rp 18.250.000 per tahun, potongan yang cukup besar dari gaji kebanyakan orang!

Dengan tantangan ini, kamu menyiapkan celengan atau toples di sebelah teko kopi kamu. kamu kemudian akan menantang diri sendiri untuk membuat kopi sendiri. Jadi setiap kali kamu melakukannya, kamu dapat menambahkan $2,75 (atau biaya kopi kamu) ke celengan kamu!

Setelah itu, kamu dapat menggunakan dana tersebut dan membeli mesin pembuat kopi sebagai hadiah dan menyimpan sisanya di tabungan kamu atau untuk membayar tagihan kamu.

10. Tantangan Penghematan Cuaca Pada Hari Rabu

Tantangan uang Rabu cuaca dapat mengumpulkan rekening bank kamu dengan cepat. Setiap hari Rabu, kamu mengetahui suhu tertinggi di negara kamu, dan kamu menghemat jumlah itu dalam dolar. Kamu bisa menggunakan satuan suhu Fahrenheit.Jadi, jika suhunya 80 derajat Fahrenheit, kamu menghemat Rp. 80.000 minggu itu! Semakin panas, semakin banyak uang yang kamu tambahkan ke tabungan mingguan kamu! Jadi untuk hasil terbaik, lakukan ini selama bulan-bulan musim panas.

11. Tantangan Minimalis 30 Hari

Dengan tantangan minimalis 30 hari , pada dasarnya kamu menyingkirkan sesuatu setiap hari selama 30 hari. Jadi dengan fokus membuang barang, kamu jadi kurang fokus dalam mengeluarkan uang. Pada gilirannya, ini dapat menghemat banyak uang.
Selain itu, kamu dapat menjual barang-barang yang kamu buang untuk mendapatkan uang Tambahan!

12. Tantangan Tabungan 12 Bulan

Tantangan tabungan 12 bulan mudah dan memberi kamu banyak waktu untuk menghemat uang . Untuk tantangan ini, kamu akan menghemat sejumlah uang per minggu.
Dimulai dengan Rp. 10.000, dan setiap minggu meningkat Rp. 10.000 lagi. kamu akan menghemat Rp. 13.780.000 pada akhir tahun!

13. Tantangan Tabungan 3 Bulan

Ada berbagai jumlah uang yang dapat kamu hemat untuk tantangan tabungan 3 bulan berdasarkan tujuan kamu . kamu dapat memilih untuk menghemat Rp. 1.000.000, Rp. 2.000.000, atau lebih atau kurang dari ini.
Idenya adalah untuk menyimpan jumlah yang ditetapkan per minggu atau bulan dan kemudian mencapai tujuan kamu pada akhir tanda tiga bulan.

14. Tantangan Menghemat Uang Rp.200.000

Jika kamu ingin menyimpan dana darurat kecil selama setahun, maka tantangan tabungan Rp.200.000 bisa menjadi hal yang sempurna. Setiap minggu, kamu menghemat Rp.200.000 dari gaji kamu, dan pada akhir tahun, kamu telah menyisihkan Rp.10.400.000! Mudah dan efektif.

Ini adalah hal yang sangat baik untuk dicoba jika kamu memiliki pembelian yang agak mahal yang tidak sensitif terhadap waktu. Sesuatu seperti dompet mewah atau proyek rumah kecil akan sangat bagus.

15. Batalkan Semua Hal Tantangan Tabungan

Jangan khawatir – ini lebih menyenangkan daripada kedengarannya! Tantangan pembatalan membantu kamu menghemat uang dengan membatalkan setiap langganan, layanan streaming , dan keanggotaan bulanan yang tidak kamu gunakan.

Kamu bahkan tidak akan menyadari ada perbedaan dalam kehidupan sehari-hari kamu, tetapi kamu dapat dengan mudah menyimpan semua uang tunai yang tidak kamu bayar sekarang. Hasil kamu akan bervariasi berdasarkan berapa banyak hal yang kamu batalkan, jadi hemat mungkin untuk berhasil!

16. Tantangan Tabungan Bulanan

Tantangan tabungan bulanan adalah pilihan yang sangat fleksibel untuk memilih tujuan tabungan kamu sendiri. Untuk memulai, putuskan berapa banyak uang yang ingin kamu hemat per bulan .

Kamu dapat mulai dengan jumlah yang sama setiap bulan, dan kemudian mengubah atau meningkatkannya dari waktu ke waktu. Segera, kamu akan mencapai tujuan tabungan kamu.

Bagian terbaik tentang tantangan tabungan bulanan adalah kamu dapat memilih jumlah dan kamu dapat menggunakan taktik apa pun yang kamu inginkan untuk menghemat uang – mulai dari bekerja lembur hingga menjual barang di sekitar rumah.

17. Tantangan Tidak Ada Baju Baru

Untuk tantangan ini, kamu akan menghemat uang, waktu, dan lemari yang penuh sesak. Tantangan tidak ada pakaian baru itu sederhana tetapi sulit – kamu tidak membeli pakaian baru selama satu tahun penuh.

Untuk mengubahnya menjadi tantangan penghematan uang, ambil jumlah rata-rata yang kamu belanjakan untuk pakaian per bulan, dan mulailah menabung atau menginvestasikan jumlah itu sebagai gantinya. Pada akhir tahun, kamu mungkin akan terkejut dengan kemajuan yang telah kamu buat!

18. Tantangan Uang Bulanan

Jika kamu ingin terus tertantang dan ingin menang, putuskan untuk melakukan tantangan uang bulanan setiap bulan selama satu tahun penuh. Aturannya sederhana: kamu harus melakukan tantangan yang berbeda setiap bulan, dan kamu harus menyelesaikan tantangan yang kamu pilih.

Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat banyak uang tetapi dengan cara yang menyenangkan yang masih memungkinkan kamu menjaga kebebasan finansial kamu.

Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Tantangan Menghemat Uang

Itu selalu merupakan waktu yang baik untuk mulai menabung, tetapi terkadang lebih mudah ketika kamu memiliki awal yang baru. Tentukan tujuan keuangan kamu dan pilih tantangan yang akan meningkatkan tabungan kamu untuk sepanjang tahun itu.

Ada baiknya untuk merencanakan tujuan kamu secara bertahap. Berikut adalah beberapa saat yang tepat untuk memulai tantangan uang:

Tahun Baru

Januari tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai tantangan uang, terutama setelah pengeluaran yang sering muncul di akhir tahun di bulan Desember.

Kamu dapat menjadikan tantangan menghemat uang sebagai tujuan akhir tahun ini . Putuskan berapa banyak yang ingin kamu hemat pada waktu yang sama tahun depan dan mulailah.

Musim baru

Musim baru bisa menjadi peluang bagus untuk memulai tantangan uang. kamu dapat mencoba tantangan tabungan 90 hari untuk setiap musim.

Kamu dapat memulai dana liburan musim panas kamu dengan memulai tantangan kamu di musim semi . Yang merupakan cara terbaik untuk menetapkan tujuan tabungan.

Simpan jalan kamu menuju kesuksesan!

Ketika kamu menghemat uang, kamu menyiapkan diri untuk kesuksesan finansial. kamu akhirnya akan memiliki dana darurat untuk kejadian tak terduga dan dapat mengambil liburan impian yang layak kamu dapatkan.
Melakukan saving challenge dengan teman juga dapat memberi kamu tanggung jawab ekstra yang kamu butuhkan untuk benar-benar menyelesaikan tantangan!