5 Tips Investasi Untuk Pemula Yang Harus Kamu Tau

Faktanya, 6 dari 10 orang Indonesia yang disurvei dalam Tim Dari Tekno Jenius  mengatakan bahwa mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang investasi. Itulah mengapa kami telah mengumpulkan 5 tips investasi teratas untuk pemula, memberi kamu kepercayaan diri untuk mengeluarkan uang yang kamu simpan di bawah bantal untuk mencoba melakukan investasi. Langsung saja ini dia 5 tips investasi untuk pemula

Tips Investasi Untuk Pemula

Tips Investasi Untuk Pemula
 Gambar illustrasi investasi

Bagi Tabungan Kamu

Menabung dan berinvestasi berjalan beriringan, kamu tidak dapat berinvestasi tanpa terlebih dahulu menumbuhkan tabungan mu, dan tanpa investasi, tabungan mu akan dimakan oleh inflasi dari waktu ke waktu.

Tetapi bagaimana kamu harus mengatur tabungan mu? Pertimbangkan untuk membaginya menjadi empat bagian.

Bagian pertama adalah dana darurat kamu

Setiap orang harus memilikinya dana darurat, dan  Itu harus cair, artinya kamu dapat mengunakan uang tersebut kapan saja kamu membutuhkan-nya dan harus cukup untuk menutupi biaya hidup kamu setidaknya selama 2-3 bulan.

Rekening cek atau tabungan sederhana adalah pilihan yang baik untuk dana darurat kamu. Jangan berharap mendapatkan banyak bunga, tetapi uangnya akan ada jika kamu membutuhkannya untuk menutupi pengeluaran tak terduga.

Bagian kedua adalah untuk tabungan jangka menengah kamu

Gunakan bagian ini untuk menghemat pengeluaran jangka menengah yang besar (apa pun selama 2-6 tahun ke depan), seperti liburan, renovasi, atau pendidikan. Dana ini tidak harus sepenuhnya cair, dan kamu pasti ingin mendapatkan bunga yang lebih tinggi daripada yang kamu dapatkan dengan cek atau rekening tabungan biasa.

Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam opsi yang lebih aman seperti investasi pendapatan tetap (seperti obligasi ) atau portofolio reksadana. Kamu mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan Akun tabungan bebas pajak jika kamu masih memiliki ruang kontribusi.

Tetapi umumnya jika kamu ingin menggunakan Akun tabungan bebas pajak untuk tabungan jangka panjang agar benar-benar mendapat manfaat dari pertumbuhan bebas pajak dari waktu ke waktu.

Bagian ketiga adalah untuk tabungan jangka panjang kamu

Ini adalah uang yang akan kamu kamulkan di masa pensiun. bagian ini untuk investasi jangka panjang menggunakan Program tabungan pensiun terdaftar atau Akun tabungan bebas pajak kamu.

Dalam jangka pendek, pasar mungkin naik dan turun, tetapi selama 20, 30, atau 40 tahun kamu dapat mengharapkan untuk melihat peningkatan pasar. Itu berarti kamu mampu mengambil sedikit lebih banyak risiko dengan tabungan ini.

Saham, dana indeks, Dana Pertukaran Dagang, dan reksa dana adalah pilihan yang bagus. Saat kamu mendekati masa pensiun, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengalihkan investasi yang lebih berisiko ke opsi yang lebih aman.

Bagian keempat adalah untuk tambahan apa pun

Setelah Kamu memaksimalkan Akun tabungan bebas pajak dan Program tabungan pensiun terdaftar kamu. Jika ini terjadi, kamu benar-benar berhasil! kamu berada pada titik di mana kamu memiliki sedikit lebih banyak uang untuk dimainkan, dan kamu mampu mengambil lebih banyak risiko dengan investasi kamu.

Otomatisasi Investasi Kamu

Membagi uang  menjadi empat bagiana mungkin tampak rumit, tetapi sebenarnya tidak bisa lebih mudah. Bahkan, kamu bahkan dapat mengotomatiskannya!

Setelah kamu mengisi tabungan bagian pertama kamu, siapkan transfer otomatis untuk memindahkan uang dari rekening bank kamu langsung ke rekening investasi kamu.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengingatkan diri sendiri untuk memindahkan uang (ini seperti model “atur dan lupakan”). kamu harus dapat melakukan ini baik secara online atau di cabang bank lokal kamu.

Beberapa platform investasi, seperti Bibit, membuat otomatisasi investasi kamu menjadi mudah dengan memungkinkan kamu menarik langsung dari rekening bank kamu. Kamu memilih frekuensi dan jumlah yang paling sesuai untuk kamu, SmartFolio melakukan sisanya.

Jadikan menabung lebih mudah dengan menarik dana saat kamu mendapatkan gaji sehingga kamu tidak tergoda untuk membelanjakannya terlebih dahulu!

Diversifikasi Investasi Kamu

Tip investasi pertama yang diberikan sebagian besar profesional bidang keuangan kepada pemula adalah mendiversifikasi aset mereka. Pada dasarnya, jangan menaruh semua telur kamu dalam satu keranjang.

Kamu pasti ingin memastikan bahwa kamu memiliki keragaman dalam jenis aset yang kamu beli, sektor yang terkait dengan aset ini, dan bahkan lokasi geografis aset kamu.

Jenis Aset Yang Beragam

Kamu akan menginginkan campuran aset seperti saham, obligasi korporasi, obligasi pemerintah, real estat, dan banyak lagi. Beberapa dari aset ini, seperti obligasi pemerintah, dianggap berisiko rendah tetapi itu juga berarti mereka menawarkan keuntungan yang lebih rendah. Saham umumnya berisiko lebih tinggi tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Beragam Sektor

Kamu tidak hanya harus memiliki jenis aset yang berbeda, tetapi juga harus berhubungan dengan berbagai sektor ekonomi. Misalnya, mengambil hanya pada stok minyak goreng berarti bahwa jika harga minyak goreng turun, kamu bisa mendapat pukulan besar.

Geografi Yang Beragam

Hanya memiliki jenis aset yang berbeda dari berbagai sektor ekonomi tidak cukup. Jika kamu memiliki campuran saham, obligasi, real estat, dan aset lain yang semuanya berbasis di Indonesia, apa yang terjadi ketika ekonomi Indonesia mengalami penurunan? Kamu akan dipukul dengan keras.

Itu sebabnya kamu harus memiliki campuran aset dari seluruh dunia. Sama seperti beberapa aset yang lebih berisiko daripada yang lain, beberapa pasar juga memiliki lebih banyak risiko – dan pengembalian yang lebih tinggi.

Pasar negara berkembang seperti China, misalnya, dianggap lebih berisiko, tetapi juga menawarkan potensi pengembalian yang lebih besar.

Aset dari pasar mapan seperti Eropa mungkin lebih aman, tetapi juga dapat memberi Kamu pengembalian yang lebih rendah dalam jangka panjang

Jadi, bagaimana tepatnya Kamu dapat melakukan diversifikasi dengan cara yang mudah?

Daripada keluar dan membeli ratusan aset sendiri, Kamu dapat berinvestasi di reksa dana atau portofolio mata uang kripto yang dikelola oleh para profesional.

Para profesional ini menggunakan keahlian mereka (dan banyak matematika) untuk menemukan keseimbangan yang tepat dari ratusan (atau bahkan ribuan) aset yang berbeda dari setiap sektor ekonomi, dari seluruh dunia.

Beberapa aset akan turun dan beberapa akan naik, tetapi seiring waktu, campuran aset yang tepat akan naik dengan risiko yang jauh lebih kecil daripada satu saham.

SmartFolio untuk satu melakukan semua kerja keras untuk kamu. Cukup selesaikan beberapa pertanyaan untuk menentukan profil risiko Kamu, cocokkan dengan portofolio mata uang kripto yang dikelola secara profesional, masukkan dana ke akun kamu, lalu duduk dan bersantailah.

Pertahankan Biaya Rendah

Reksa dana, dana indeks, dan Portofolio Dana Pertukaran Dagang adalah cara yang bagus untuk menjaga aset kamu tetap beragam, dan dengan menggunakan metode setoran otomatis, kamu dapat terus mengisi bagian saham kamu secara otomatis.

Tetapi ketika berinvestasi, ada hal lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan yaitu biaya. Ini mungkin tidak tampak seperti tip investasi biasa, tetapi pemula sering lupa memperhitungkan biaya.

Reksa dana sering kali dikelola secara aktif, tetapi semua kekuatan otak itu ada harganya. Reksa dana sering mengenakan biaya 2% atau lebih setiap tahun. Kamu mungkin berpikir bahwa 2% tampaknya tidak banyak, tetapi selama 5, 10, atau 20 tahun, itu benar-benar bertambah! Coba kalkulator biaya SmartFolio untuk melihat sendiri.

Dana indeks, di sisi lain, biasanya menawarkan biaya yang jauh lebih rendah, tetapi kamu akan bertanggung jawab untuk mengelola portofolio kamu sendiri (atau kamu harus membayar biaya yang lebih tinggi untuk portofolio yang dikelola).

Portofolio Dana Pertukaran Dagang SmartFolio adalah kompromi yang populer. Mereka menawarkan portofolio yang beragam dan biaya rendah seperti dana indeks yang tidak dikelola, tetapi dikelola secara aktif dan dipantau dengan cermat seperti reksa dana  yang terbaik dari kedua dunia. Kamu mendapatkan semua kekuatan dari reksa dana biasa, tanpa biaya tinggi.

Jangan Takut Untuk Meminta Saran

Jika berinvestasi itu mudah maka kita semua akan kaya. Memiliki rekan profesional di pihak kamu bukanlah hal yang buruk. Bahkan hanya memiliki orang yang nyata untuk menjawab pertanyaan kamu dan memberi kamu informasi yang dapat diandalkan dapat sangat membantu.

Selain itu, hanya ada 24 jam dalam sehari kamu memiliki hal-hal yang lebih penting untuk dikhawatirkan daripada bagaimana kinerja investasi kamu.

BMO SmartFolio menawarkan penasihat profesional yang dapat kamu hubungi melalui telepon, email, atau bahkan melalui obrolan langsung sebelum, selama, dan setelah kamu mendaftar.Kamu berinvestasi secara online, tidak sendirian.

Semua ETF BMO dibuat, dipantau, dan dikelola oleh pakar keuangan industri terkemuka dari BMO Global Asset Management. Sementara portofolio dikelola oleh Manajer Portofolio BMO Nesbitt Burns.

Kamu mendapatkan layanan nyata dari orang sungguhan, tanpa biaya tinggi yang dikenakan oleh beberapa penasihat investasi.

Pastikan kamu memiliki rekan profesional terpercaya di sisi kamu untuk membantu dan memandu kamu melalui perjalanan investasi kamu, sehingga kamu dapat yakin bahwa uang kamu bekerja sekeras kamu berusaha.

Semoga tips investasi ini bermanfaat, tetapi jika kamu masih tidak yakin tentang cara memulai, hubungi orang yang berpengalaman di bidang Investasi.