Android 13: Berita, Tanggal Rilis, Fitur, dan Rumor

Android 12 memperkenalkan sakelar kunci yang memungkinkan kamu untuk dapat mencegah aplikasi mengakses kamera dan mikrofon mu, dan itu juga menambahkan opsi untuk menunjukkan aplikasi perkiraan lokasi kamu alih-alih lokasi persis kamu.

Android 13 dengan nama kode Tiramisu, adalah pembaruan sistem operasi berikutnya untuk perangkat Android. Desas-desus tersebut termasuk pembaruan untuk Material You, akses lebih cepat ke pemindai kode QR, peringatan konsumsi baterai yang berlebihan, fitur audio baru, peningkatan notifikasi, dan pengaturan lainnya.

Kapan Android 13 akan dirilis?

OS baru kemungkinan akan tersedia pada September atau Oktober 2022. Android 12 diumumkan di Google I/O pada Februari 2021 dan dirilis pada Oktober berikutnya, jadi kami memperkirakan waktu yang serupa dengan Android 13.

Google merilis pratinjau pengembang pada bulan Februari dan Maret dan akan merilis versi beta setiap bulan hingga Juli, diikuti dengan rilis final. Kamu dapat melihat jadwal dan detail lengkapnya di situs web pengembang Android.

Kamu bisa mendapatkan gambar pratinjau developer Android 13 untuk ponsel Pixel 4/4 XL, Pixel 4a/4a (5G), Pixel 5/5a, dan Pixel 6/6 Pro.

Fitur Android 13

Kami sudah tahu banyak tentang pembaruan OS ini. Kami akan terus memperbarui halaman ini saat detail lain muncul menjelang rilisnya, tetapi berikut adalah beberapa rumor tentang perubahan yang lebih besar:

Material yang perbarui.

Android 13 kemungkinan akan didasarkan pada Material kamu, perubahan antarmuka pengguna Android 12, yang memungkinkan sejumlah penyesuaian seperti mencocokkan warna latar belakang dengan tema aplikasi.

Kontrol privasi yang ditingkatkan.

Sistem operasi juga akan mengandalkan fitur privasi Android 12, termasuk opsi untuk mengizinkan aplikasi mengakses foto tertentu alih-alih semuanya, fitur pemindaian clipboard otomatis yang menghapus konten dari clipboard global setelah jangka waktu tertentu (60 menit , secara default), dan lihat informasi Privasi selama 7 hari, bukan hanya 24 jam.

Pemindaian QR yang ditingkatkan.

Pembaruan OS ini memungkinkan pengguna untuk memindai kode QR dari layar kunci. Ada juga pintasan yang dioptimalkan untuk pembaca QR.

Pemutaran terus menerus.

Itu dapat menawarkan Ketuk untuk Mentransfer, seperti penawaran Apple antara iPhone dan HomePods. Ini memungkinkan kamu untuk terus memutar musik kamu dari iPhone ke HomePod dan kembali lagi.

Membagi layar notifikasi.

Gesek pemberitahuan ke satu sisi layar untuk membuka aplikasi ini dengan cepat dalam mode layar terbagi. Cukup tekan lama pada notifikasi dan pilih di mana itu akan muncul di layar. Reporter Android Mishaal Rahman memiliki video yang menunjukkan cara kerjanya.

Lebih banyak kontrol notifikasi.

Fitur ini akan memaksa pembuat aplikasi untuk meminta izin untuk mengirim pemberitahuan, mirip dengan permintaan yang kamu dapatkan di banyak browser.

Pengaturan bahasa untuk setiap aplikasi.

Pengguna mungkin dapat menyetel default yang berbeda untuk suatu bahasa tergantung pada aplikasinya, daripada default global tunggal.

Senter terbaik.

Rumor mengatakan bahwa Android 13 akan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecerahan lampu, meskipun ini mungkin hanya berfungsi di perangkat baru yang memiliki perangkat keras yang mendukungnya.

Pairing lebih cepat.

Fast Pair akan memungkinkan kamu memasangkan perangkat dengan ponsel dengan cepat sehingga kamu tidak perlu menavigasi secara manual melalui aplikasi Pengaturan untuk melakukannya. Dugaannya adalah kamu akan diberi tahu tentang perangkat saat Android menentukan bahwa ada sesuatu yang ingin dipasangkan.

Mode gelap untuk waktu tidur.

Dengan opsi ini, kamu akan dapat mengaktifkan mode gelap secara otomatis pada waktu tidur.

Instalasi aplikasi tamu lebih mudah.

kamu akan dapat memilih aplikasi mana yang akan dipasang di profil tamu saat kamu membuat pengguna tamu baru di Android 13.

Ikuti menulis dengan kaca pembesar.

Di pengaturan aksesibilitas, akan ada sakelar baru yang akan membuat area yang kamu perbesar secara otomatis mengikuti teks saat kamu mengetik.

Manajer Tugas Layanan Penyedia (FGS).

Fitur baru ini menampilkan daftar aplikasi yang menjalankan layanan latar depan, dan menyediakan tombol berhenti untuk mengakhiri aplikasi apa pun secara instan. kamu akan menerima pemberitahuan untuk menghentikan tugas jika Android mendeteksi bahwa itu telah berjalan setidaknya selama 20 jam dalam periode 24 jam. Google menjelaskan pengelola tugas FGS di sini.

Beberapa perubahan kecil telah didokumentasikan oleh Mishaal Rahman dalam Esper, dkk:

  • Jangan Ganggu mengubah namanya menjadi mode prioritas.
  • Pembungkus teks Jepang ditingkatkan.
  • Penyesuaian kekuatan getaran tersedia untuk alarm.
  • Ada antarmuka yang sama sekali baru saat membuat profil baru.
  • Tanda centang tersedia untuk mengaktifkan bilah pencarian bawah di laci aplikasi peluncur, bukan di atas.
  • Tombol Daya, Pengaturan, dan lainnya di Pusat Pemberitahuan pindah ke bagian bawah layar itu.
  • Kamu akan menerima pemberitahuan jika aplikasi menggunakan baterai dalam jumlah besar dalam periode 24 jam.
  • Bilah pencarian utama di layar beranda dapat digunakan untuk menemukan tangkapan layar dan widget untuk Foto Google.

Perangkat Android 13 yang didukung

Kami berharap sebagian besar perangkat Android yang mendukung Android 12 ditingkatkan ke Android 13. Modelnya termasuk Google Pixel (3 dan lebih tinggi), Samsung Galaxy S20 dan S21, smartphone seri Asus Zenfone 8 dan OnePlus 9.

Google dapat menghentikan dukungan untuk seri Pixel 3 dengan Android 13, tetapi kami tidak dapat mengatakan dengan pasti.