Hal Yang Perlu Di Perhatikan Jika Ingin Membeli Tv Gaming Terbaik

Jika kamu ingin membeli sebuah Tv untuk kebutuhan mu bermain game kamu tentu ingin Tv gaming terbaik agar mendapatkan hasil maksimal dari video game kamu yang kamu mainkan, kamu harus mencocokkannya dengan TV yang bagus. Tapi apa yang membuat TV siap untuk bermain game, dan bagaimana kamu menemukan TV yang sempurna untuk konsol generasi berikutnya?

Sebelum kita membahas apa Tv gaming terbaik yang siap untuk bermain game, kita perlu mengingat bahwa TV terbaik adalah perangkat futuristik. Konsol game sangat cepat berganti ke generasi terbaru, dan akan diisi dengan game 4K HDR yang indah. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dari game generasi berikutnya, kamu harus mencoba menemukan TV HDR 4K yang kompatibel di masa depan.

Masalahnya, Tv untuk gaming HDR 4K murah (terutama TV OLED) cenderung kurang dalam kecepatan refresh dan latensi (aspek terpenting dari TV gaming). Jika kamu tidak siap untuk mengeluarkan budget 5juta hingga 20 Juta Tv untuk gaming, kamu mungkin harus membeli TV 1080p, yang jelas tidak cocok untuk masa depan. Atau kamu dapat berbelanja sedikit, menghemat uang, dan membeli TV tahan masa depan beberapa bulan dari sekarang.

Fitur Utama Dari Tv Untuk Gaming Yang Bagus

Artikel ini akan membahas detail tentang apa yang membuat TV bagus untuk bermain game. Detail ini layak untuk dibaca, tetapi akan sulit untuk menelitinya dengan cepat saat berbelanja.

Jadi, inilah daftar singkat spesifikasi yang harus kamu perhatikan saat berbelanja untuk TV gaming baru:

Latensi / Latensi: TV gaming terbaik adalah latensi rendah. Idealnya, kamu hanya boleh membeli TV gaming dengan latensi 30 ms atau kurang.

Hz / Refresh Rate / FPS: Kecuali kamu seorang gamer yang kompetitif atau pecandu FPS, TV 60 Hz akan baik-baik saja. Jika tidak, bidik 120 Hz.

4K dan HDR: Sekali lagi, jika kamu dapat membeli TV HDR 4K masa depan dengan latensi rendah dan kecepatan refresh yang nyaman, lakukanlah.

OLED: Jika kamu tetap menggunakan 120Hz, lewati TV OLED. Selain itu, ada baiknya membeli perangkat yang menawarkan latensi rendah dan kecepatan refresh yang nyaman.

Input Video: Jangan lupa input HDMI, RCA, s-video, dan koaksial! Beli TV dengan input yang kamu butuhkan.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita masuk ke detailnya.

Lag Rendah Adalah Kuncinya

Sebelum mengkhawatirkan kualitas atau resolusi gambar, fokuslah untuk menemukan TV dengan latensi rendah. Latensi (atau lag) adalah waktu yang diperlukan TV untuk menampilkan gambar di layar. Selama permainan, terlalu banyak penundaan dapat menghancurkan kemampuan kamu untuk bereaksi terhadap rintangan atau musuh.

Sebagian besar TV memiliki latensi 60 ms, yang terlalu tinggi untuk para gamer. Gamer hardcore cenderung membidik serendah mungkin (beberapa bersumpah dengan TV 13ms), tetapi kami menyarankan untuk mendapatkan apa pun di bawah 30ms.

Mengapa kami menyebutkan latensi sebelum resolusi atau kualitas gambar? Yah, karena TV HDR 4K murah dibebani dengan waktu respons yang sangat besar. Jika kamu ingin membeli TV gaming seharga 2 jutaan, kamu mungkin melewatkan fitur 4K dan HDR dan memfokuskan uang kamu pada TV 1080p latensi rendah. (Dalam hal ini, mungkin ada baiknya menabung untuk membeli TV masa depan yang kompatibel. Jika tidak, kamu akan kehilangan generasi berikutnya dari game 4K HDR.)

Apakah refresh rate penting?

Gamer menghabiskan banyak waktu berbicara tentang kecepatan refresh (atau frame per detik, atau Hz) pada Tv gaming terbaik. Beberapa orang menganggap kecepatan refresh adalah omong kosong dan mata manusia tidak dapat melihat perbedaan antara 60fps dan 120fps, tetapi itu tidak masuk akal. Otak manusia dapat bereaksi terhadap perubahan rangsangan visual dalam sepersekian detik – atau 1/1000 detik.

Meskipun kecepatan refresh tinggi sangat bagus, kamu mungkin tidak memerlukan TV 120Hz. Kecepatan refresh yang lebih tinggi biasanya merupakan trade-off untuk kualitas visual mentah, dan ada kemungkinan besar kamu sudah nyaman dengan 60fps atau kurang.

Jika kamu seorang gamer yang kompetitif, atau terbiasa dengan tampilan 120Hz, TV 120Hz baru mungkin akan sepadan dengan uang kamu. Tetapi jika kamu hanya seorang mahasiswa yang hanya memiliki uang pas-pasan yang menginginkan TV gaming terbaik bagus (seperti saya), jangan terlalu menekankan frame rate (bahkan dengan TV 120Hz kamu dapat memilih untuk tetap menggunakan 60fps).

Bagaimana dengan Tv untuk gaming 4K dan HDR?

Meskipun PS4 dan Xbox One X mendukung 4K, sebagian besar gim mereka dibatasi hingga 1080p. Tetapi seperti yang disebutkan sebelumnya, kami sedang menuju ke generasi berikutnya dari game konsol, dan kamu harus bertujuan untuk membeli Tv untuk gaming yang ramah masa depan.

Selama TV gaming terbaik baru kamu berukuran 45 inci atau lebih besar, layar 4K sepadan. Di bawah 45, sangat sulit untuk membedakan antara 1080p dan 4K. Meskipun TV 4K mungkin tidak bagus untuk game kamu saat ini (kecuali jika kamu seorang gamer PC), kamu akan berterima kasih kepada diri sendiri karena telah membeli TV 4K saat generasi konsol berikutnya hadir.

Adapun HDR, selalu bernilai uang. Tidak seperti 4K, yang merupakan ukuran resolusi, HDR adalah ukuran kontras. Teknologi HDR menciptakan gambar dalam warna hitam pekat dan putih cerah dengan detail yang terdefinisi dengan baik Pada Tv. Terkenal pada ukuran layar apa pun, itu akan menjadi bagian dari konsol generasi berikutnya, dan sudah didukung oleh Xbox One X dan Xbox One S saat ini (dan mungkin bahkan PC kamu).

Tentu saja, tergantung pada anggaran kamu, 4K dan HDR harus berada di urutan kedua setelah latensi.

Haruskah saya membeli TV OLED?

Layar TV OLED¬† mampu mematikan piksel individu, dan tidak menggunakan lampu latar. Ini menghasilkan gambar kontras yang sangat tinggi, tajam, dan “benar-benar hitam” yang dipedulikan semua orang.

Tetapi komunitas game cenderung menstigmatisasi TV OLED. Lihat, layar OLED lebih rentan terbakar daripada layar LCD biasa, yang menjadi masalah bagi gamer yang menghabiskan lebih dari 10 jam sehari dengan karakter Fortnite di tengah layar.

Ada juga masalah pengaburan layar. Beberapa gamer tetap menggunakan layar dengan kecepatan tampilan 120Hz yang tinggi, tetapi TV OLED dapat mengalami keburaman layar pada kecepatan refresh yang lebih tinggi dari 60Hz. Ini adalah masalah yang melekat pada tampilan OLED, di mana LED membutuhkan waktu beberapa milidetik untuk hidup dan mati.

Namun, jika kamu tidak peduli dengan kecepatan refresh, dan tidak membiarkan TV menyala cukup lama hingga menyebabkan burn (kebanyakan TV memiliki mode tidur), jangan ragu untuk membeli layar OLED. kamu akan menghargai kedalaman warna yang meningkat, dan layar tidak akan terasa “lamban” atau “berat”, itu hanya akan terasa alami.

Tetapi jika kamu sudah tahu bahwa kamu tidak dapat hidup tanpa layar 120Hz, tetap gunakan LCD (atau tunggu satu atau dua tahun untuk OLED 120Hz untuk mengejar ketinggalan). TV 60Hz mungkin tampak normal bagi orang lain, tetapi jika kamu terbiasa dengan frekuensi gambar yang lebih tinggi, kamu tidak akan menyukai perbedaannya.

Jangan Berhemat Pada Input Video

Jika kamu memerlukan satu set input HDMI, coba cari TV untuk gaming dengan satu set input HDMI. Jika tidak, kamu harus membeli beberapa adaptor HDMI. Ada banyak ruang gerak di sini (anggaran kamu mungkin membatasi kamu, atau kamu mungkin terjebak dalam diskon besar), tetapi kamu akan selalu menghargai beberapa input HDMI tambahan.

Tentu saja, jika kamu berencana untuk menjalankan konsol lama yang memerlukan input RCA, s-video, atau koaksial, lihat apakah kamu dapat menemukan TV bagus yang masih memiliki beberapa input lama. Jangan menyimpang terlalu jauh, karena kotak konverter RCA ke HDMI cukup murah. Konsol lama tidak memanfaatkan spesifikasi TV modern, sehingga tidak akan terlihat jauh berbeda di TV baru kamu. Namun, kamu masih dapat memainkan konsol lama di TV baru berkat peningkatannya.

Kapan dan di mana saya harus membeli TV gaming terbaik baru?

Hampir setiap pengecer besar menjual TV. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk mencantumkan setiap toko yang menjual televisi. Sebagai gantinya, kami akan memberi kamu beberapa kiat belanja TV yang akan membantu kamu menemukan TV gaming terbaik baru dengan harga menarik:

Window Shop: Setelah kamu mengetahui jenis TV untuk gaming yang kamu inginkan, gunakan filter pencarian di toko online atau mungkin di toko offline terdekat.

Baca ulasan: Lihat ulasan TV apa pun yang kamu minati, dan perhatikan baik-baik ulasan negatif. Untuk poin bonus, cari peringkat TV di YouTube atau Reddit (cari Google untuk merek dan model TV kamu menggunakan kata “Reddit”). Dengan cara ini, kamu dapat melihat apa yang dikatakan orang orang tentang TV apa pun yang kamu minati.

Menonton TV secara langsung: Meskipun TV memiliki spesifikasi bagus atau banyak ulasan bagus, kamu harus mencoba menontonnya secara langsung sebelum membelinya. Kunjungi lantai ruang pamer di Best Buy atau pengecer elektronik lainnya dan lihat seperti apa tampilan TV impian kamu secara langsung.

Diskon: Jika kamu sabar, kamu dapat menghemat banyak uang untuk TV game yang bagus. Gunakan Slickdeals untuk melacak TV mana yang ingin kamu beli dengan harga diskon, atau cukup tunggu obral besar.

Tentu saja, jika kamu tidak punya waktu untuk menunggu tawaran TV yang bagus atau pergi ke ruang pamer, ulasan adalah pilihan terbaik kamu. Jika kamu khawatir akan kecewa dengan TV apa pun yang kamu beli, teliti kebijakan pengembalian sebelum kamu membelinya, atau temukan TV untuk gaming yang lebih baik.