Ingin Kredit Rumah Murah? Inilah 5 Tips Amannya

Kredit rumah murah kini sudah menjadi satu hal yang lumrah. Mengambil KPR memang memberi kemudahan tersendiri dalam hal pembiayaan. Akan tetapi, memilih kredit rumah sebagai satu solusi pembiayaan rumah sebetulnya cukup gampang-gampang susah.

Tips Kredit Rumah Murah

Hal ini dikarenakan ada banyak KPR murah ditawarkan. Masing-masing jelas memberi tawaran yang menggiurkan dan menarik minat calon konsumen. Supaya tidak salah pilih, berikut diberikan beberapa tips aman memilih KPR murah khusus untuk Anda:

  1. Reputasi Bank

Tips pertama perhatikan benar reputasi bank dan pihak pengembang sebelum mengambil KPR. Oleh karena itu, disarankan Anda mencari info sebanyak-banyaknya baik dari teman, rekan kerja, atau browsing guna mendapat pilihan tepat. Pastikan benar bahwa Anda telah memilih pihak yang dapat dipercaya dan berkredibilitas tinggi.

  1. Pertimbangkan Bunga KPR

Salah satu tips selanjutnya yang tidak boleh terlupa adalah mengenai bunga KPR. Hal ini penting mengingat besar patokan bunga KPR menentukan nilai angsuran yang harus dibayar tiap bulannya.

Usahakan memilih pihak bank yang memberi tawaran bunga rendah. Pada umumnya pihak bank akan menetapkan bunga tetap selama beberapa tahun pertama dan berlanjut dengan bunga mengambang yang besarnya disesuaikan nilai bunga di pasaran.

  1. Perhatikan Jangka Waktu Kredit Rumah Murah

Jangka waktu KPR yang biasanya diberlakukan maksimal adalah 10 tahun. Namun, bunga tetap yang hanya berlaku di awal kredit sering dirasa merugikan. Di sisi lain beberapa bank masih belum berani benar mempersingkat jangka waktu kredit rumah murah karena waspada akan tingkat angsuran nasabah. Meski sebenarnya orang Indonesia termasuk dalam nasabah yang tidak senang berhutang terlalu lama.

  1. Pilih KPR Ready Stock

Tips aman selanjutnya yang patut dicoba adalah memilih KPR dengan rumah yang sudah siap pakai dan siap ditempati. Dewasa ini kian marak pengembang menawarkan KPR hanya dengan modal gambar karena masih berupa tanah. Hal inilah yang perlu diwaspadai.

Ditakutkan dana KPR sudah cair, tetapi rumah masih dalam proses pembangunan. Padahal dalam proses pembangungan masih dimungkinkan molor karena alasan tertentu. Jika sudah demikian jelas Anda sebagai nasabah yang akan dirugikan karena harus membayar lebih tinggi daripada rencana awal.

  1. Jangan Lupa Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tips terakhir jangan lupa memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pelajari benar syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank. Hal ini tidak lain guna memberi kejelasan dan tidak ada kesalahan komunikasi dengan beberapa pihak yang terkait yang mungkin menimbulkan perselisihan di kemudian hari.

Itulah 5 tips aman memilih KPR murah. Tetap selektif dan pilih menyesuaikan kemampuan agar kondisi keuangan tetap sehat dan stabil. Sekian tips seputar kredit rumah murah kali ini, semoga bermanfaat.