Tips Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa, Menabung Untuk Masa Depan

Mengatur keuangan bagi mahasiswa bisa terasa menjadi hal yang sulit, karena menjalani  kehidupan di universitas bisa saja membutuhkan biaya yang sangat mahal, dan sebagai seorang mahasiswa, anggaran yang kamu miliki sangat terbatas. Kamu pasti mempunyai pengeluaran yang wajib  kamu bayar setiap bulan, seperti bayar uang kost,bayar biaya listrik, beli paket internet,beli buku, biaya makan dan minuman. Terkecuali kamu memiliki uang masuk tambahan atau mempunyai pekerjaan sampingan setelah pulang kuliah, kamu tentu memerlukan pengelolaan uang yang efektif untuk mengatur keuangan kamu. Dengan cara membuat rencana penghematan uang yang tepat, kamu akan dapat berhasil menghemat uang saku mu.

Menabung selama kuliah adalah kebiasaan yang perlu dilakukan oleh seorang mahasiswa, meskipun terkadang banyak keadaan yang menghalangi kamu untuk melakukannya. Ini mungkin mengharuskan kamu untuk membuat suatu aturan tertentu demi menjaga pengeluaran kamu tetap terkendali.

Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa  tips mengatur keuangan yang akan membantu kamu menghemat uang bulanan mu.

COBALAH MEMBUAT DAFTAR BELANJA BULANAN

Catat berapa banyak uang (rata-rata) yang kamu miliki setiap bulan. Catat pengeluaran tetap kamu Seperti Biaya sewa kost, bayar tagihan listrik, biaya internet dan biaya transport. Pengeluaran untuk belanja makanan dapat bervariasi tetapi kamu harus tetap menuliskan pengeluaran rata-rata harian kamu. Setelah kamu membuat daftar semua pengeluaran penting kamu, periksalah apakah ada uang yang tersisa untuk ditabung.

CATAT DAN LACAK SEMUA PENGELUARAN KAMU

Setelah kamu membuat daftar anggaran bulanan, gunakan lembar anggaran untuk mencatat pengeluaran rutin kamu setiap hari. Kamu akan dapat melihat berapa pengeluaran dan pendapatan kamu, dan kamu  dapat memperkirakan berapa uang yang tersisa untuk di tabungkan atau di belanjakan. Dengan menggunakan catatan ini, kamu akan dapat mengetahui uang apa yang akan di simpan. Kurangi biaya untuk hal yang tidak kamu anggap perlu  atau mengurangi sedikit pada jumlah belanja kamu.

GUNAKAN SISTEM INSENTIF PENGHEMAT UANG

Selalu cari diskon untuk pelajar saat membelanja kan uang untuk kebutuhan sehari-hari kamu. Banyak bank menawarkan pilihan rekening tabungan untuk siswa. Gunakan diskon pelajar untuk keuntungan Anda. Mereka tersedia di bioskop, taman, food court, keanggotaan gym, dan transportasi umum. Faktanya, banyak perusahaan suka menawarkan diskon pelajar karena mereka dapat menargetkan kelompok usia tertentu untuk produk mereka.

MASAK MAKANAN SENDIRI

Memasak makanan sendiri pasti mengeluarkan biaya yang lebih murah daripada makan di luar atau membelinya. Ini tidak hanya membantu kamu menghemat uang tetapi juga memungkinkan kamu menghabiskan waktu berkualitas dengan teman atau teman sekamar kamu. Membeli Nasi bungkus di luar biasanya mengeluarkan biaya sekitar Rp.20 ribu untuk untuk satu porsi. Ini belum termasuk biaya perjalanan dan uang lain yang mungkin kamu keluarkan setelah makan, atau sebelum kamu tiba di rumah. Sementara itu, biaya jika kamu memasak makanan yang sama di rumah  bisa lebih rendah dengan biaya makan diluar, Ini bisa menghemat uang kamu tiga kali lipat. Kamu juga dapat membawa makan siang mu ke kampus. Jika kamu punya teman sekamar memasak porsi yang lebih besar dan biaya makan dapat dibagi dengan teman sekamarmu.

NILAI BELI ADALAH KEUNTUNGAN

Makanan murah bukanlah hal yang buruk , jika bisa dibeli dengan harga yang murah tanpa mengurangi kualitas. Nilai beli adalah konsep keuangan yang hanya mengacu pada pembelian barang atau jasa, kamu harus membeli barang atau jasa tersebut jika tersedia dengan potongan harga.

Misalnya, membeli Hp sebulan setelah rilis atau membeli mobil bekas menggunakan  diskon harga jualnya, atau membeli sampo generik yang memberikan  kualitas serupa dengan sampo merek lain tetapi dengan harga yang jauh lebih murah. Nilai beli adalah faktor pembentuk kekayaan bagi banyak investor kaya di sektor keuangan. Ini juga dapat membantu Kamu menghemat banyak uang selama kuliah.

MEMBELI BARANG BEKAS MENGHEMAT LEBIH BANYAK UANG MELEBIHI YANG KAMU BAYANGKAN.

Mahasiswa sering ingin membeli sesuatu hal edisi yang terbaru, kamu tidak menyadari bahwa buku itu hanya mengumpulkan debu di sudut rak kamar mu. Cobalah cari salinan di perpustakaan sebelum membeli buku baru. Jika perlu, cobalah untuk membeli buku bekas dari siswa yang baru saja menyelesaikan kursus. Ada sejumlah situs web yang menawarkan harga bagus untuk buku kuliah bekas, selain mendapatkan yang di inginkan dan  juga bisa mengatur keuangan bagi mahasiswa.

Ide mencari harga terbaik dengan belanja produk bekas tidak hanya berlaku untuk buku. Kamu juga dapat menghemat banyak biaya dengan mencari pakaian bekas, furniture dan barang elektronik.